Rabu, 17 Oktober 2012

Sidang Paripurna dan Sidang Komisi Musran Gudo 2012




Tepat pukul 08.30 ka Mabiran Gudo Kak Thomson Pranggono memimpin sidang yang isinya membentuk presidium Musran Gerakan Pramuka Gudo. Dipilihlah 3 orang sebagai anggota presidium; Kak Moh. Anwar, kak Khoirudin, dan kak Heri Setiono yang disetujui secara aklamasi. Tiga anggota presidium mengadakan rapat untuk membentuk ketua, sekretaris, dan anggota, terpilihlah kak Heri setiono sebagai ketua presidium, kak Moh. Anwar sebagai sekretaris, sedangkan kak Khoirudin sebagai anggota.
Tugas presidium sesuai dengan tatib Musran adalah mengatur jalannya sidang paripurna dalam Musran, dan memastikan bahwa sidang komisi berjalan secara tertib, lancar, dan berhasil sesuai dengan harapan bersama. Musran diikuti oleh perwakilan gugus depan pangkalan SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan beberapa perwakilan dari pengurus kwaran Gudo yang masih eksis. Data yang ada dalam daftar hadir peserta Musran tercatat 65 orang. Mereka sama antusias untuk menghadiri undangan yang disebar oleh panitia Musran 2012. Ketika presidium mulai memimpin jalannya sidang paripurna, ketua presidium kak Heri Setiono menawarkan beberapa alternatif jalannya musyawarah ranting gerakan pramuka Gudo kepada peserta yang dalam forum Musran. Penawaran pertama adalah “kita sudah persiapkan 2 alternatif agenda Musran Gudo”, yang pertama agenda yang menetapkan isi bahwa Musran pada hari Kamis 27 September 2012 pulangnya jam 17.30; sedangkan altenatif kedua pulangnya jam 12.30. agenda yang mana pilihan para peserta Musran…? Secara aklamasi peserta Musran menjawab pulang jam 12.30. selanjutnya di dalam agenda Musran ada waktu istirahat di sela-sela sidang paripurna, pertanyannya: kita perlu adanya istirahat di sela-sela sidang paripurna apa sidang Musran ini kita laksanakan secara maraton tanpa istirahat…? Perseta Musran secara aklamasi menyatakan Musran dilaksanakan secara maraton tanpa istirahat sambil diiringi tepuk Pramuka dan bernyanyi di sini senang di sana senang ala Pramuka. Kemudian dilanjutkan dengan langkah berikutnya yaitu sebuah pertanyaan; ketua presidium menunjukkan tatib Musran yang tebalnya 6 s.d 8 halaman. Tatib ini dibaca semuanya apa dibacakan intinya saja. Peserta Musran menjawab secara aklamasi “dibacakan intinya saja…”. OK, … palu ini di dock… lho ya…, sambil diikuti tepuk tangan. Dengan dimikian acara kita sekarang masuk pada sidang komisi.
Sidang Komisi   terdiri dari 5 komisi yaitu komisi A yang membidangi Program Kegiatan Peserta Didik; komisi B membidangi Program Pembinaan Anggota Dewasa; komisi C membidangi Program Hubungan Masyarakat dan Komunikasi; komisi D membidangi Program Administrasi dan Manajemen; dan komisi E membidangi Dana dan Keuangan.Sidang komisi terlaksana dengan lancar dan dinamis. dinamis karena banyak diwarnai interupsi dari peserta MUSRAN yang tidak jadi anggota sidang komisi. sidang komisi dilaksanakan dengan model rapat kecil secara berkelompok melingkar dan duduk dikursi yang mereka atur sendiri. mereka terdiri dari 5 anggota yang terbagi 1 ketua, 1 sekretaris, 1 pelapor, dan 2 orang anggota. ke lima komisi tersebut bersidang selama 10 menit sesuai dengan kesepakatan. Hasil sidang komisi dilaporkan ke sidang paripurna, setiap komisi diberi waktu selama 5 menit. Di sela-sela kegiatan rapat komisi ada informasi bahwa rombongan dari Kwarcab Gerakan Pramuka Jombang sedang menuju ke tempat MUSRAN KWARAN GUDO dan memberi informasi "kalau bisa pukul 11.00 wib MUSRAN sudah selesai "karena akan dilanjutkan dengan PELANTIKAN pengurus KWARAN Gudo terpilih oleh Ka Kwarcab hari ini juga, kata Kak Yanuar (Sekretaris Kwarcab Pramuka Jombang).

1 komentar: